Kamis, 22 Desember 2016

Pendekata Sains-Teknologi –Masyarakat (S-T-M)


Pendekatan S-T-S dikembangkan sebagai sebuah pendekatan untuk mencapai tujuan pembelajaranyang berkaitan langsung dengan lingkungan nyata dengan cara melibatkan peran aktif peserta didik dalam mencari informasi untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehariannya.
Program-program S-T-S pada umumnya memiliki karakteristik atau ciri-ciri sebagai berikut:
a.    Identifikasi masala-masalah setempat yang memiliki kepentingan dan dampak.
b.    Penggunaan sumber daya setempat (manusia, benda, lingkungan,) untuk mencari informasi yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah.
c.    Keikutsertaan yang aktif dari peserta didik dalam mencari informasi yang dapat diterapkan untuk memecahkan masala-masalah dalam kehidupan sehari-hari.
d.   Perpanjangan belajar diluar kelas dan sekolah.
e.    Fokus kepada dampak sains dan teknologi terhadap peserta didik.
f.     Suatu pandangan bahwa isi dari pada sains bukan hanya konsep-konsep saja yang harus dikuasai peserta didik dalam teks.
g.    Penegakan dalam keterampilan proses dimana peserta didik dapat menggunakan dalam memecahlkan masalah.
h.    Penekakan dalam kesadaran karir yang beraitan dengan sains dan teknologi.
i.      Kesempatan bagi peserta didik untuk berperan sebagai warga negara dimana ia mencoba untuk memecahkan isu-isu yang telah diidentifikasi.
j.      Identifikasi bagaimana sains teknologi berdampak dimasa depan.
k.    Kebebasan atau otonomi dalam proses belajar.

"Daftar  Pustaka"
Rachmah Huriah, 2014. profesi pengembangan pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar