Pendekatan
S-T-S dikembangkan sebagai sebuah pendekatan untuk mencapai tujuan
pembelajaranyang berkaitan langsung dengan lingkungan nyata dengan cara
melibatkan peran aktif peserta didik dalam mencari informasi untuk memecahkan
masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehariannya.
Program-program
S-T-S pada umumnya memiliki karakteristik atau ciri-ciri sebagai berikut:
a.
Identifikasi masala-masalah setempat
yang memiliki kepentingan dan dampak.
b.
Penggunaan sumber daya setempat
(manusia, benda, lingkungan,) untuk mencari informasi yang dapat digunakan
dalam memecahkan masalah.
c.
Keikutsertaan yang aktif dari peserta
didik dalam mencari informasi yang dapat diterapkan untuk memecahkan
masala-masalah dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Perpanjangan belajar diluar kelas dan sekolah.
e.
Fokus kepada dampak sains dan teknologi
terhadap peserta didik.
f.
Suatu pandangan bahwa isi dari pada
sains bukan hanya konsep-konsep saja yang harus dikuasai peserta didik dalam
teks.
g.
Penegakan dalam keterampilan proses
dimana peserta didik dapat menggunakan dalam memecahlkan masalah.
h.
Penekakan dalam kesadaran karir yang
beraitan dengan sains dan teknologi.
i.
Kesempatan bagi peserta didik untuk
berperan sebagai warga negara dimana ia mencoba untuk memecahkan isu-isu yang
telah diidentifikasi.
j.
Identifikasi bagaimana sains teknologi
berdampak dimasa depan.
k.
Kebebasan atau otonomi dalam proses
belajar.
"Daftar Pustaka"
Rachmah Huriah, 2014. profesi pengembangan pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
"Daftar Pustaka"
Rachmah Huriah, 2014. profesi pengembangan pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar