Minggu, 25 Desember 2016

Fungsi Keluarga


1)   Biologis dan Reproduksi
   “didalam keluarga adanya pemenuhan biologis yang merupakan kebutuhan dalam suami istri secara sah dan bisa mereproduksi keturunan-keturunan yang banyak dengan garis keturunan yang jelas”.
2)   Fungsi Edukasi
   “keluarga adanya Ayah dan Ibu yang berperan penting dalam mendidik dan mengajarkan anak-anaknya nilai dan norma yang ada dalam kehidupan melalui interaksi yang lancar dan pengawasan yang inten kepada sang anak”.
3)   Fungsi Afeksi
   “Disini keuarga memberikan kebutuhan akan rasa kasih sayang atau rasa untuk mencintai kepada anak-anaknya, tanpa adanya kekersaan yang menimbulkan anak merasa terganggu dari segi mental dan prilaku, karena kurangnya rasa kasih sayang dan cinta orang tua”.
4)   Fungsi Sosialisasi
   “Keluarga menanamkan nilai dan norma yang ada dan sebagai awal dalam pembentukan kepribadian sang anak agar mempunyai kepribadian yang baik dalm lingkungannya”.
5)   Fungsi Kontrol Sosial
   “Keluarga sangat berperan penting dalam hal ini, yang mengharuskan adanya kontrol dan pengawasan dalam mencega seorang anak untuk melakukan penyimpangan”.
6)   Fungsi Proteksi
    “keluarga harus bisa menjaga ketentraman lahir dan batin sorang anak atau kelurga, supaya tidak terjadi kegoncangan pada jiwa sang anak, yang rawan terjadi pada masa perkembangan dan pertumbuhannya”.
7)   Fungsi Ekonomi
   “Disaat anak masih dalam tanggung jawab keluarga, disitulah semua kebutuhan ekonominya masih sepenuhnya di tanggung oleh orang tuanya. Tetapi jika mereka sudah berkeluarga sendiri mau tidak mau harus dapat memenuhi ekonominya dengan mencari penghasilan dengan kerja keras sendiri”.
8)   Fungsi Perlindungan
   “Keluarga sebagai tempat pelindungan yang aman bagi para anak-anaknya, karena jika anak mendapatkan masalah pasti mereka datang kepada orang tuanya untuk mendapatkan perlindungan, dan sebagai pelindung jika sang anak ada yang menyakiti”.
9)   Fungsi Penentuan Status
   “orang tua di dalam keluarga ikut menentukan status anak-anaknya kelak dikemudian hari, yang berperan pada hak anak untuk menjadi seperti apa mereka nanti dan orang tua disini harus sepenuhnya ikut serta mendukung dalam masa depan si anak”.


"Daftar Pustaka"

Soekanto, Sorjono.1990. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Penerbit Rineka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar