Minggu, 25 Desember 2016

Ciri-ciri Keluarga


                  Menurut Burgess dan Locke, ada 4 ciri keluarga yaitu:
1) Keluarga adalah susunan orang-orang yang di satukan oleh ikatan perkawinan, darah atau adopsi. “dari penjelasan diatas kita bisa melihat bahwasannya ikatan perkawinan, darah bahkan adopsi bisa dikatakan keluarga, padahal yang kita tahu adopsi adalah keluarga yang bukan sedarah bahkan didalam ajaran agama islam boleh dikatakan sekandung juka sesusuan, tapi disini adopsi bisa dikatakan keluarga karena adanya pengangkatan dan pengurusan seperti halnya anak sendiri yang pada umumnya banyak dilakukan oleh kalangan keluarga yang tidak punya keturunan”.
2)   Ditandai dengan hidup bersama dalam satu atap yang merupakan satu susunan rumah tangga. “ dikatakan keluarga jika tinggal dalam satu atap dan susuna rumah tangga yang kita kenal dengan Ayah, Ibu Dan para anak serta yang terdapat dalam satu rumah tersebut.
3) Keluarga merupakan satuan sosial yang terdiri atas orang-orang yang berinteraksi dan berkomunikasi, sehingga menciptakan peranan-peranan sosial. “didalam keluarga interaksi sosial sangat penting dan menciptakan peranannya, yang dimana semua manusia membutuhkan orang lain dan didalam keluargalah peran-peran sosial kita akan berkembang sehingga dilingkungan yang luas kita bisa memperbaikinya dan lebih berperan dengan baik.
4) Keluarga adalah pemelihara suatu kebudayaan bersama yang pada dasarnya diperoleh dari masyarakat. “keluarga juga sebagai alat pembantu masyarakat dalam pemeliharaan nilai-nilai yang berkembang pada keluarga, dan kebudayaan yang ada dalam lingkungan masyarakat”.


"Daftar Pustaka"
Soekanto, Sorjono.1990. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Penerbit Rineka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar