Problem-Based
Instruction adalah model pembelajaran yang berlandaskan paham konstruktivistik
yang mengakomodasi keterlibatan peserta didik dalam belajar dan pemecahan
maslaah otentik
Model
Problem-Based Instruction memiliki 5 langkah pembelajaran, yaitu sebagai
berikut;
a. Guru
mendifinisikan atu mempresentasikan masalah atau isu yang berkaitan (masalah
bisa untuk satu mata pelajaran atau lebih, bisa untuk pertemuan satu, dua tau tiga
pertemuan, bisa berasal dari seleksi guru atau eksplorasi peserta didik).
b. Guru
membantu peserta didik mengklarifikasi masalah dan menentukan bagaimana masalah
itu di identifikasi (investigasi melibatkan sumber-sumber belajar, informasi
dan data yang fariatif, melakukan survei dan pengukuran).
c. Guru
membantu peserta didik menciptakan makna terkait dengan hasil pemecahan masalah
yang akan dilaporkan (bagaimana mereka memecahkan masalah dan apa rasionalnya).
d. Pengorganisasian
laporan (makalah, laporan lisan, model, program komputer, dan lain-lain).
e. Presentasi (dalam kelas melibatkan semua
peserta didik, guru, bila perlu melibatkan administrator dan anggta masyarakat.
"Daftar Pustaka"
Rachmah uriah, 2014. Pengembangan profesi pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
"Daftar Pustaka"
Rachmah uriah, 2014. Pengembangan profesi pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar