Kamis, 22 Desember 2016

Model Problem-Based Instruction


Problem-Based Instruction adalah model pembelajaran yang berlandaskan paham konstruktivistik yang mengakomodasi keterlibatan peserta didik dalam belajar dan pemecahan maslaah otentik
Model Problem-Based Instruction memiliki 5 langkah pembelajaran, yaitu sebagai berikut;
a. Guru mendifinisikan atu mempresentasikan masalah atau isu yang berkaitan (masalah bisa untuk satu mata pelajaran atau lebih, bisa untuk pertemuan satu, dua tau tiga pertemuan, bisa berasal dari seleksi guru atau eksplorasi peserta didik).
b. Guru membantu peserta didik mengklarifikasi masalah dan menentukan bagaimana masalah itu di identifikasi (investigasi melibatkan sumber-sumber belajar, informasi dan data yang fariatif, melakukan survei dan pengukuran).
c.  Guru membantu peserta didik menciptakan makna terkait dengan hasil pemecahan masalah yang akan dilaporkan (bagaimana mereka memecahkan masalah dan apa rasionalnya).
d.  Pengorganisasian laporan (makalah, laporan lisan, model, program komputer, dan lain-lain).
e.  Presentasi (dalam kelas melibatkan semua peserta didik, guru, bila perlu melibatkan administrator dan anggta masyarakat.

"Daftar Pustaka"
 Rachmah uriah, 2014. Pengembangan profesi pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar