Kamis, 22 Desember 2016

Analisis lagu me, myself and I dipadukan dengan pemikiran George Simmel


Dalam relasionalisme dibutuhkan untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga individu tersebut mendapatkan keuntungan, akan tetapi dalam lagu ini bertentangan dengan pemikiran Simmel. Dalam lagu ini seseorang ingin hidup sendiri dengan ruang yang orang tersebut inginkan tanpa memperluas relasi untuk mendapat keuntungan yang lebih banyak dalam riliknya (Aku hanya butuh untuk sendirian), dan (Aku hanya butuh ruang untuk aku bisa menaklukan dunia yang coba mereka taklukan).
Dalam Simmel uang sangat penting dalam hubungan sosial, karena kekhususan fungsional, rasionalitas, dan impersonalitas dalam hubungan sosial masa kini di simbolkan dan dipermudah dengan uang, seperti dalam liriknya (jika waktu adalah uang, aku membutuhkan pinjaman), dan selain itu juga uang merupakan suatu ukuran nilai yang obyektif, penggunaanya meningkatkan rasionalitas yang lebih tinggi dalam transaksi antar pribadi, dan selain itu pengaruh uang yang semakin meluas dalam kehidupan modern menghasilkan kecendrungan bagi nilai ndividu sebagai pribadi untuk dinilai dengan uang, seperti dalam riliknya (karena Aku membeli diriku untuk kehidupan dan juga Aku sedang berenang dalam uang).
Uang dapat mempertinggi kebebasan individu, paling tidak bagi mereka yang cukup mempunyai uang dan gaya hidup individu tidak terlalu banyak ditentukan oleh kebiasaan dan tradisi, seperti yang ditentukan oleh sumber-sumber keunangan yang mereka miliki untuk membeli perlengkapan-perlengkapan yang perlu untuk gaya hidup yang sudah mereka tentukan itu, dalam liriknya juga (Ferrari aku membelinya sebanyak tiga buah). Jadi dalam pemikirannya Simmel pada uang bahwa uang itu penting bahkan uang di ciptakan oleh manusia tapi manusia sendiri menjadi terperalat oleh uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar