Minggu, 25 Desember 2016

Kepala Keluarga Sebagai Pendengar Radio


Hipotesa pokok yang digariskan pada awal penelitian ini, jika dikenakan pada kepala keluarga sebagai pendengar radio, menemukan rumusan yang terkoreksi sebagai berikut diantaranya, makin tinggi status keluarga dan tingkat “terkena media massa selain radio” serta kontak dan fungsi media massa yang lebih dipentingkan kepala keluarga makin nyata pula tinggi penilaian (persepsi) KK akan arti radio dan makin efektif KK memperhatikan acara siaran radio. Status KK diukur dengan tingkat pendidikan KK, tingkat penghasilan rumah tangga dan tingkat perbaikan ekonomi yang dialaminya, ukuran keefektifan acara siaran radio pada KK ditemukan kepada ketelitian KK memperhatikan isi berita radio menurut hal-hal yang dianggapnya penting.
1.    Kepala keluarga yang berpendidikan lebih tinggi lebih banyak terkena media massa selain radio hal ini nyata, baik diwilayah desa jauh dari kota maupun dikota besar.
2.    Kepala keluarga yang berpenghasilan lebih tinggi, lebih banyak terkena media massa (selain radio).
3.    Kepala keluarga yang lebih banyak terkena media massa (selain radio) juga lebih cermat memperhatikan acara kesiaran radio.
4.    Dua hubungan yang juga nyata tapi juga terbatas pada KK sampel diwiliyah kota besar mengenai tingkat perbaikan ekonomi yang dialami KK.
5.    Makin nyata mementingkan kontak dan fungsi media massa (lebih dari saluran berita) dari perorangan saja, makin tinggi pula penilaiannya atas fungsi radio lebih dari sumber acara hiburan.
6.    Besarnya pengaruh unsur tingkat pendidikan pada KK diwilayah desa jauh dari kota juga nyata dalam hubungan dengan status pekerjaan utama KK, perhatian dan bantuan KK terhadap pengikut-pengikutnya, tingkat perhatian KK pada kepramukaan dan aspirasi KK dalam hal umur minimal anak wanita diizinkan menikah.
7.    Tingkat penghasilan rumah tangga KK juga merupakan unsur cukup penting dimana hubungan nyata terhadap dengan hal-hal yang termasuk bidang perhatian yang diutamakan oleh rumah tangga KK diwilayah desa.
8.    Siapa dan berapa besar golongan KK yang serba lebih terkena media massa dan juga punya penilaian lebih atas arti radio serta menerima secara efektif acara berita radio (RRI)?

"Daftar Pustaka"
 Sajogyo, Sajogyo Pudjiwati. 2013. Sosiologi Pedesaan. Gajah Mada University Press: Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar