Kamis, 22 Desember 2016

Manfaat Logika dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan


      Logika sudah sangat jelas memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, setiap orang sejak masa lampau tentu sudah memikirkan dunia ini dengan logika. Logika tradisional atau klasik yaitu sistem yang berfungsi untuk manganalisis bahasa, adapun logika modern berusaha menerapkan prinsip matematika terhadap logika tradisional dengan menggunakan lambang non bahasa.
Secara singkat manfaat logika dalam ilmu pengetahuan dapat dikategorikan sebagai berikut :
1.   Logika menyatakan, menjelaskan, dan menggunakan prinsip abstrak yang dapat dipakai dalam semua lapangan ilmu pengetahuan (bhkan seluruh lapangan kehidupan).
2.   Logika menambah daya berfikir, abstrak dan demikian melatih dan mengembangkan daya pemikiran dan menimbulkan disiplin intelektual.
3.   Logika mencegah kita tersedat oleh segala sesuatu kita peroleh berdasarkan otoritas, emosi dan prasangka.
4.   Logika di masa sekarang dikenal  “era of reason” membantu kita untuk mampu berpikir sendiri dan tahu membedakan yang benar dari yang palsu.
5.   Logika membantu orang untuk dapat berpikir lurus, tepat dan teratur, karena dengan berfikir demikian ia dapat memproleh kebenaran dan menghindari kesesatan.
        Dari manfaat logika yang bermacam-macam itu menandai bahwa proses berfikir itu pentin, jika begitu maka hampir semua hal membutuhkan logika berfikir. Dengan bekal logika ilmu pengetahuan dapat berkembang sampai bercabang-cabang. Otak manusia dapat mewadahi logika apa saja. Namun permainan logika manusia kadang-kadang sudah dibantu dengan alat, teknologi sebagai dasar permainan logika dan ilu pengetahuan, maka akan terus berkembang membantu kesejahteraan manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar