Kamis, 22 Desember 2016

Hakikat dan Peranan Model Pembelajaran IPS


Pada hakikat dan peranan model pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk mengidentifikasikan salah satu disain pembelajaran yang sangat dianjurkan dalam kegiatan belajar mengajar. IPS ialah desain pembelajaran inkuiri (inquiry approach). Secara umum, istilah “inquiry” berkaitan dengan masalah dan penelitian untuk menjawab suatu masalah.
Menurut para ahli, pendekatan inkuiri merupakan upaya yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah kebosanan siswa dalam belajar di kelas. Pendekatan ini cukup ampuh karena proses belajar lebih terpusat kepada siswa ( student-centred-instruction) dari pada kepada guru (teacher-centred- instruction). Para ahli pembelajaran ilmu –ilmu sosial khususnya di Amerika Serikat dn Australia memilih pendekatan inkuiri yang lebih menekankan pada belajar secara individual sebagai alternatif untuk mengembangkan kemampuan berfikir.
Salah satu kmomponen kurikulum yang lebih banyak mendapat perhatian. Sebagai dampaknya banyak para ahli pendidikan yang mendefinisikan metode sebagai bagian dari proses pendidikan yang paling penting. Dalam konteks kependidikan, Wesley (1950) menyatakan bahwa guru yang baik haruslah memiliki metode yang baik, dan guru yang terbaik di tentukan, oleh metode yang dikuasainya. Pernyataan ini tampaknya dimaksudkan untuk menegaskan bahwa penguasaan dan penerapan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar merupakan bagian yang esensial dalam mencapai tujuan pendidikan. Lebih jauh, Wesley menyatakan bahwa metode yang baik memerlukan sifat guru yang akurat, artistik, berkepribadian, dan selalu menyesuaikan dengan tingkat pengalaman siswa. Meskipun demikian, ia mengakui bahwa untuk menerapkan metode yang baik tidaklah mudah. Metode yang baik harus melibatkan partisipasi guru dan murid. Salah satu metode untuk mengatasi kebosanan siswa belajar dikelas karena pengajaran terlalu didominasi oleh pendekatan ekspositori (Ceramah) yang berpusat pada guru adalah metode inquiri.
Selain itu, tujuan inquiri sosial pun diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah sosial sehingga mereka dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik. Untuk itu inquiri sosial seyogyanya memberikan prioritas atau memfokuskan pada masalah-masalah praktis kemasyarakatan. Dari sudut pandang ini, tujuan utama inquiri sosial adalah memberikan kontribusi untuk para pengambil kebijakan dalam menghasilkan keputusan-keputusannya.

"Daftar  Pustaka"
Rachmah Huriah, 2014. profesi pengembangan pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar