Belajar
konsep merupakan hasil utama pendidikan, konsep-konsep merupakan batu pembangun
berfikir. Agar terajadi proses perubahan konseptual, belajar melibatkan
kebangkitan dan restrukturisasi konsepsi-konsepsi yang dibawa oleh peserta
didik sebelum pembelajaran. Ini berarti bahwa mengajar bukan melakukan transmisi
pengetahuan tetapi memfasilitasi dan memediasi agar terjadi negosiasi makna
menuju pada proses perubahan konseptual.
Model
pembelajaran perubahan konseptual memiliki enam langkah pembeajaran , yaitu
sebagai berikut:
a.
Sajian masalah konseptul dan kontekstual.
b.
Konfrontasi miskonsepsi terkait dengan
masala-masalah tersebut.
c.
Konfrontasi sangkalan berikut
strategi-strategi demostrasi, analogi, atau conth-contoh tandingan.
d.
Konfrontasi pembuktian konsep dan
prinsip secara ilmiah.
e.
Konfrontasi materi dan contoh-contoh
kontekstual.
f.
Konfrontasi pertanyaan-pertanyaan untuk
memperluas pemahaman dan penerapan pengetahuan secara bermakna.
Dampak pembelajaran model ini adalah
sikap positif terhadap belajar, pemahaman secara mendalam, keterampilan
Penerapan pengetahuan yang variatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar