Kamis, 22 Desember 2016

Model Pembelajaran Perubahan Konseptual


       Belajar konsep merupakan hasil utama pendidikan, konsep-konsep merupakan batu pembangun berfikir. Agar terajadi proses perubahan konseptual, belajar melibatkan kebangkitan dan restrukturisasi konsepsi-konsepsi yang dibawa oleh peserta didik sebelum pembelajaran. Ini berarti bahwa mengajar bukan melakukan transmisi pengetahuan tetapi memfasilitasi dan memediasi agar terjadi negosiasi makna menuju pada proses perubahan konseptual.
Model pembelajaran perubahan konseptual memiliki enam langkah pembeajaran , yaitu sebagai berikut:
a.    Sajian masalah konseptul dan kontekstual.
b.    Konfrontasi miskonsepsi terkait dengan masala-masalah tersebut.
c.    Konfrontasi sangkalan berikut strategi-strategi demostrasi, analogi, atau conth-contoh tandingan.
d.   Konfrontasi pembuktian konsep dan prinsip secara ilmiah.
e.    Konfrontasi materi dan contoh-contoh kontekstual.
f.    Konfrontasi pertanyaan-pertanyaan untuk memperluas pemahaman dan penerapan pengetahuan secara bermakna.
Dampak pembelajaran model ini adalah sikap positif terhadap belajar, pemahaman secara mendalam, keterampilan Penerapan pengetahuan yang variatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar