Minggu, 25 Desember 2016

Keluarga Inti


Keluarga memeiliki fungsi majemuk begi terciptanya kehidupan sosial dalam masyarakat, karena awal penbentukan kepribadian bagi anak agar bisa di terima dalam masyarakat dan mengerti terhadap semua aturan yang ada di dalam masyarakat, yang bisa menimbulkan adanya kerukunan dalam perannya dilingkungan masyarakat.
Sedangkan menurut Horton dan Hunt suatu keluarga merupakan:
1)   Suatu kelompok yang mempunyai nenek moyang yang sama. Artinya kita berawal dari nenek moyang yang sama yang kita tahu adalah Adam dan Hawa, manusia pertama yang diciptakan tuhan dan karena kesalahannya mereka diturunkan kebumi dan awal tombak dalam melahirkan generasi-generasi manusia sampai sekarang.
2)   Suatu kelompok kekerabatan yang disatukan oleh darah atau perkawinan. Artinya terdapatnya kelompok kekerabatan terjadi karena adanya aliran darah atau perkawinan yang akhirnya menjadikan kelompok yang tadinya terkecil menimbulkan perubahan besar kerena adanya jalinan tambahan individu dan kelompok dari berbagai daerah yang disatukan dengan perkawinan.
3)   Pasangan perkawinan dengan anak atau tanpa anak.
4)    Pasangan tanpa nikah yang mempunyai anak. Artinya hubungan yang didasari tanpa perkawinan pun atau hubungan terlarang  bisa disebut sebagai keluarga dengan adanya anak yang dilahirkan.
5)   Satu orang dengan beberapa anak. Artinya dalam keluarga pasti adakalanya orang tua dan anak, tapi tidak semua keluarga lengkap akan adanya Ayah dan Ibu dikarenakan terputusnya usia atau perceraian, untuk itu dikatakan sebagai keluarga jika ada salah satu dari orang tua yang masih ada dan mempunyai beberapa anak yang berkemungkinan hidup dengan baik walaupun dari segi pandangan tidak mempunyai orang tua dengan lengkap.

"Daftar Pustaka"
Soekanto, Sorjono.1990. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Penerbit Rineka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar